Jakarta, CNBC Indonesia  - Akun  chatbot Whatsapp  yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai fasilitas ...

AKUN CHATBOT WHATSAPP INFO CORONA

By | 3:22:00 AM

Jakarta, CNBC Indonesia - Akun chatbot Whatsapp yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai fasilitas informasi seputar virus corona COVID-19, pada hari ini, Jumat (20/3/2020) telah dapat diakses.

Hasil gambar untuk chatbot whatsapp corona
Akun chatbot ini memiliki nama resmi 'COVID19.GO.ID' dengan tanda centang warna hijau sebagai bukti akun telah terverifikasi. Bagi kalian yang ingin mencari informasi seputar virus corona pada akun chabot ini, berikut langkah-langkahnya ;



Caranya sendiri cukup mudah, kalian hanya perlu menambahkan kontak nomor +6281133399000 di ponsel kalian atau juga bisa langsung klik tautan ini https://wa.me/6281133399000. 


Kemudian beralihlah ke kolom chat pada kontak tersebut dan ketik 'hi' atau 'halo'. Nantinya akun chatbot WhatsApp COVID-19 milik pemerintah ini hanya akan memberikan informasi berdasarkan opsi pertanyaan yang telah dipilih, mulai dari 'Kabar COVID-19 terkini di Indonesia', 'Sebenarnya apa sih COVID-19 itu?', hingga soal 'Rumah Sakit Rujukan COVID-19'.

Bila kalian menanyakan di luar pertanyaan di atas, tentunya chatbot tidak akan merespon dan malah akan dikembalikan dengan chat yang sebelumnya di awal. Dengan mengetik A, B, C, D, E, F, atau G terkait informasi yang ingin kalian ketahui, chatbot ini langsung membalasnya yang jawabannya standar.

Akun chatbot ini pastinya akan terus dikembangkan seiring berjalannya waktu dengan informasi yang disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. 

Selain akun chatbot Whatsapp, kanal informasi pemerintah yang sudah aktif antara lain SMS blast dengan sender BNPB melalui operator seluler, Call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh Lembaga Penyiaran Publik dan Swasta baik radio maupun televisi serta informasi yang disediakan oleh Penyedia Layanan Akses Internet (ISP), dan Penyedia Jasa Media online dalam bentuk banner online.

Kementerian Kominfo telah menetapkan Nomor Pelayanan Darurat 117 bebas pulsa yang secara ekslusif digunakan oleh BNPB dan meminta operator telekomunikasi membuka koneksinya sesegera mungkin.

(roy/roy)


Newer Post Older Post Home