Ungaran (12/11/2018) - Kader Jaminan Kesehatan Nasional (Kader JKN) sebagai perpanjangan tangan BPJS Kesehatan telah dirasakan kehadi...

Terima Kasih Kader JKN Sudah Ingatkan Kami Bayar Iuran

By | 3:51:00 PM
 
Ungaran (12/11/2018) - Kader Jaminan Kesehatan Nasional (Kader JKN) sebagai perpanjangan tangan BPJS Kesehatan telah dirasakan kehadirannya di tengah masyarakat. Begitulah pernyataan yang disampaikan Mujiyati, Peserta JKN-KIS di wilayah Kabupaten Semarang.
 Mujiyati mengaku awalnya dirinya tidak tau apa itu Kader JKN sampai akhirnya petugas yang memperkenalkan diri sebagai Kader JKN mengunjungi rumahnya.
 “Awalnya saya tidak tahu apa itu Kader JKN. Baru tahu ya setelah bu Wiwik datang ke rumah saya. Awalnya Bu Wiwik memperkenalkan dirinya ke saya kalau dia Kader JKN. Ya awalnya ada rasa was-was apa benar atau tidak, lalu Bu Wiwik nunjukin ID card dan surat tugas. Ya saya percaya setelah itu,” ungkap Mujiyati.
 Mujiyati telah menjadi peserta JKN-KIS kurang lebih dua tahun silam. Akan tetapi kepesertaannya sempat non aktif karena adanya keterlambatan pembayaran iuran.
 Menurut penuturan Wiwik Prastiwi, Kader JKN BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Mujiyati telah dikunjunginya sebanyak tiga kali.
 “Bu Mujiyati ini salah satu peserta binaan saya. Kalau dari data ada tunggakan iuran yang cukup besar. Makanya saya kunjungi, saya tanyakan ada permasalahan apa, apakah ada kendala, dan tidak lupa saya terangkan apa manfaat dan pentingnya program JKN-KIS ini. Lalu saya edukasi untuk membayar iuran tepat waktu dan saya minta komitmennya untuk bayar iuran,” terang Wiwik.
Menjadi Kader JKN sudah diniatkan ibadah oleh Wiwik. Jadi Wiwik tidak pernah berputus asa mengingatkan peserta binaannya yang menunggak untuk membayar iuran serta mengajak masyarakat yang belum ikut bisa segera daftar program JKN-KIS.
 “Tidak hanya Bu Mujiyati, setiap peserta binaan saya kunjungi. Saya ingatkan mereka bayar iuran demi kebaikan mereka. Tanggapan mereka macam-macam,” kata Wiwik.
 Menurutnya sejauh ini selama Kader JKN menyampaikannya baik-baik maka akan dapat respon yang baik juga.
 “Seperti bu Mujiyati, ada juga peserta yang mengucap Alhamdulillah dan merasa senang sudah diingatkan. Karena kurangnya pemahaman informasi tentang program JKN-KIS beberapa peserta yang menunggak iuran mengira kepesertaanya sudah terblokir. Jadi setelah saya terangkan kartu bisa aktif kembali setelah bayar iuran mereka senang dan termotivasi untuk segera bayar,” pungkasnya.
Sumber : https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2018/965/Terima-Kasih-Kader-JKN-Sudah-Ingatkan-Kami-Bayar-Iuran

Newer Post Older Post Home